CATATAN HARI TERAKHIR GELARAN STIGMA 5 MALANG; SEMANGAT MUDA DALAM STIGMA 5



Lensa Teater ― Suasan yang agak berbeda terjadi pada hari keempat ini. Sembilan anak berseragam pramuka berfoto di stand yang disediakan panitia di dekat stand tiket. Mereka anggota Teater Telkom School (TTS) SMK Telkom Malang.

Setelah selesai sekolah mereka meminta izin pada pihak sekolah untuk menonton pertunjukan monolog STIGMA (Festival Monolog Mahasiswa Nasional) 5 yang sedang berlangsung di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Banyak dari teman-teman mereka yang ingin menonton pertunjukan monolog dalam festival ini. Tapi hanya mereka bersembilan yang bisa berangkat.

"Seru, Kak, menambah pengalaman mengenai teater dan monolog.” Ungkap Muhammad Dafa setelah menyaksikan sajian dari peserta STIGMA 5, Jumat (06/04).

“Selama dua tahun ini sempat vakum. Jadi kami berusaha menghidupkan kembali teater di SMK Telkom.” Jelas Dafa. Meski sempat mengalami vakum, kini sekolah mereka memberikan dukungan positif terhadap aktifitas berteater yang mereka lakukan.

kehadiran mereka dalam gelaran STIGMA 5 ini menjadi pemandangan berbeda. Sebelumnya penonton yang hadir lebih didominasi oleh kelompok-kelompok teater mahasiswa, atau pelaku-pelaku seni dan teater yang secara usia jauh berada di atas mereka.

Kehadiran kelompok-kelompok teater sekolah dalam gelaran stigma 5 dan kegiatan sejenis diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap mereka, memotovasi untuk semangat berkarya dan memberika referensi-refensi pertunjukan yang lebih fariatif. “Ditunggu lombanya buat tingkat SMA-nya, Kak.” Imbuh Dafa.

Di hari terakhir gelaran STIGMA 5 ini disajikan pertunjukan monolog dari Teater Pelangi Indonesia (Univ. Negeri Malang), Diksi Teater (Univ. Pakuan, Bogor) dan Gelanggang Seni Sastra Teater dan Film (Univ. Padjadjaran, Sumedang).

Hasil penilaian dewan juri akan diumumkan pada malam penganugerahan dan penutupan STIGMA 5 yang digelar di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang pada minggu (08/04). Acara yang akan digelar mulai pukul 18.00 wib dimeriahkan oleh “Rotan & Kayu”, Malang Fire Dance dan Tani Maju sebagai bintang tamu.

You Might Also Like

0 comments